SMP-SMK Sinar Pancasila dan SMK Ibnu Khaldun memantapkan pembelajaran online menggunakan Aplikasi e-learning 2020

Penggunaan aplikasi e-learning telah mendominasi cara belajar para siswa sejak adanya pandemi. Sejak saat itu, hampir semua sekolah berlomba-lomba untuk mencari cara agar kegiatan belajar mengajar tetap dapat berlangsung dengan baik. Salah satu cara adalah dengan meluncurkan aplikasi e-learning sebagai sarana pembelajaran.

Tiga sekolah di Balikpapan, Kalimantan Timur, yakni SMP dan SMK Sinar Pancasila serta SMK Ibnu Khaldun merupakan contoh sekolah yang berhasil mengadakan kegiatan belajar mengajar menggunakan aplikasi e-learning yang dikembangkan oleh CV. De Productions Balikpapan @de.productions

Aplikasi ini memiliki banyak keunggulan yang sangat membantu para guru dan siswa, terutama dalam kepraktisan untuk menyampaikan materi pembelajaran, mengerjakan dan mengumpulkan tugas, mengerjakan ujian, dan melihat hasil ujian secara real time. Tentu hal ini membuat ketiga sekolah sangat berharap aplikasi e-learning dapat membantu keberhasilan para siswanya.

Tanggapan dari Kepala Sekolah tentang Penggunaan Aplikasi E-Learning

Penggunaan aplikasi e-learning di tiga sekolah ini mendapatkan tanggapan yang positif dari pihak tenaga pengajar. Salah satunya adalah Bapak Syarifuddin, S.Pd.I., selaku Kepala Sekolah SMK Ibnu Khaldun. Menurut beliau, dengan adanya aplikasi e-learning ini kegiatan belajar mengajar akan semakin mudah dilaksanakan tanpa harus bertatap muka. Para siswa juga akan semakin rajin dalam mengerjakan setiap tugas yang diberikan dengan tepat waktu karena sistem aplikasi yang dapat mengatur waktu. Selain itu, aplikasi ini memberikan kemudahan kepada para guru untuk dapat memberikan materi, mengumpulkan tugas, membagikan soal ujian untuk tiap tingkatan kelas, dan memantau para siswa ketika sedang ujian secara online.

Bapak Drs. Yudi selaku Kepala Sekolah SMK Sinar Pancasila juga memberikan tanggapan positif terkait penggunaan e-learning di lingkungan sekolah yang ia pimpin. Para siswa semakin semangat belajar dan para guru tidak mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan belajar secara online karena kemudahan penggunaan apllikasi e-learning yang dikembangkan CV. De Productions. Selain itu, aplikasi pembelajaran ini juga sangat sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Harapan dari Developer Aplikasi E-Learning

Direktur CV. De Productions, Dian Adi Purwanto, S.E. berharap aplikasi e-learning ini dapat membantu para siswa di saat pandemi untuk belajar dengan baik dan nyaman kendati tidak bertatap muka dengan para guru di sekolah.

Semoga para guru sangat terbantu dengan adanya aplikasi e-learning 2020 ini untuk memantau aktivitas siswa, menyampaikan materi pembelajaran, menguji pemahaman siswa, dan memberikan hasil pekerjaan kepada siswa secara transparan. Para guru juga diharapkan dapat menggunakan aplikasi ini tanpa kendala apa pun, sebab aplikasi e-learning ini telah dirancang agar user friendly untuk berbagai kalangan usia.